Peran Unsur Pendukung Komlek Dalam Mensukseskan Operasi Pengamanan KTT AIS Forum di Bali

Peran Unsur Pendukung Komlek Dalam Mensukseskan Operasi Pengamanan KTT AIS Forum di Bali

10/10/23, Oktober 10, 2023


Badung - Satu lagi peran yang tidak kalah penting dalam mendukung tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yaitu Unsur Pendukung Komunikasi dan Elektronika (Komlek).


Unsur Pendukung ini mempunyai tugas dan fungsi untuk melaksanakan dukungan komunikasi dan elektronika Satgas Pamwil dalam rangka menjamin Komando dan Pengendalian (Kodal) Dansatgas Pamwil beserta jajarannya.


Saat ditemui di Posko Satgas Pamwil, pada Selasa (10/10/2023), Kepala Unsur Pendukung Komlek Kolonel Chb Heru Amrullah, S.Sos., M.I.P., menyebutkan bahwa para personelnya dibagi dalam beberapa tim diantaranya Tim Komunikasi Radio, Bekhar, dan Komunikasi Visual.


"Tim Komunikasi Radio bertugas melaksanakan gelar komunikasi radio untuk seluruh personel Satgas Pamwil. Kemudian Tim Bekhar bertugas melaksanakan perbekalan dan pemeliharaan materiil komunikasi dan elektronika guna menjamin peralatan dapat beroperasional dengan baik. Sedangkan Tim Komunikasi Visual bertugas untuk menggelar media visual atau display obyek-obyek kegiatan rute dan penginapan, terutama yang berada di Ring II dan Ring III," jelas Kolonel Chb Heru Amrullah yang kesehariannya menjabat Kahubdam IX/Udayana.


Terkait materiil serta sarana dan prasarana yang digelar pada pelaksanaan pengamanan KTT AIS Forum 2023 ini yaitu radio komunikasi, Satelite On The Move (SOTM) yang berfungsi untuk mengambil visual yang terjadi di lapangan, Komunikasi Mobile (Komob) yang dapat berperan sebagai repeater mobile, serta Video Tron dan lain sebagainya.


Unsur Pendukung Komunikasi dan Elektronika berperan penting dalam menyelenggarakan perhubungan komunikasi dalam suatu tugas operasi pengamanan. Tanpa adanya unsur pendukung ini, komunikasi dan koordinasi antar personel maupun komando Satgas di lapangan tidak akan dapat berjalan dengan baik. (Pendam IX/Udy)

TerPopuler