Kodim 0903/Bulungan Sulap RTLH Jadi Layak Huni Dan Jalan Usaha Tani Tingkatkan Produksi Pertanian

Kodim 0903/Bulungan Sulap RTLH Jadi Layak Huni Dan Jalan Usaha Tani Tingkatkan Produksi Pertanian

20/02/24, Februari 20, 2024

  



TANJUNG SELOR - Pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 akhirnya digelar pada Selasa (20/2/2023), bertempat di lapangan Kantor Bupati Bulungan. Pada TMMD kali ini, terdapat sasaran fisik utama, yakni pembukaan jalur usaha tani sepanjang 1,8 kilometer (km).


Bupati Bulungan, Syarwani menjelaskan,  TMMD merupakan hasil dari kemitraan yang terjalin antar Pemda Bulungan dan Kodim 0903/Bulungan dalam pelaksanaan pembangunan serta kegiatan kemasyarakatan dengan tujuan meningkatkan pembangunan di daerah.

"TMMD ini merupakan bentuk sinergitas, kolaborasi dan gotong royong antar Pemda Bulungan dan Kodim 0903/Bulungan," kata Syarwani kepada media.


Menurutnya,TMMD menjadi satu dari 15 program prioritas pemerintah. Dengan adanya TMMD, diharapkan masyarakat akan memperoleh manfaat dari pembangunan tersebut serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan.

"Kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bulungan. Yakni, berdaulat pangan maju dan sejahtera," ungkapnya.


TMMD, sambung Syarwani, terpusat di Desa Gunung Seriang, Kecamatan Tanjung Selor, Bulungan. Berlangsung selama satu bulan dari tanggal 20 Februari hingga 20 Maret mendatang. Sasaran fisik pada kali ini adalah pembukaan jalan usaha tani sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar 8 meter serta rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

"Saya sudah perintahkan pimpinan perangkat daerah untuk memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan TMMD. Saya berharap masyarakat di daerah Gunung Seriang ikut aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan TMMD tersebut," harapnya.


Sementara itu, Dandim 0903/Bulungan, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo menambahkan, untuk pelaksanaan fisik dilakukan pembukaan jalan usaha tani dan akan dikerjakan bersama dengan seluruh personel Satgas.

"Desa Gunung Seriang ini menjadi daerah penghasil buah durian, elai, cempedak, duku dan lainnya," bebernya.


Namun, para petani menghadapi kendala dalam mengangkut hasil perkebunan karena terbatasnya akses jalan. Dengan adanya pembukaan jalan usaha tani yang baru ini, diharapkan dapat mempermudah para petani dalam mengangkut hasil pertanian mereka.

"Kami hasil penjualan yang diperoleh dari hasil pertanian tersebut tidak jauh berbeda dengan biaya operasional. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Dalam pelaksanaannya, Kodim 0903/Bulungan optimistis pembukaan jalan usaha tani dapat selesai dalam waktu satu bulan. Ada sekitar 150 personel yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD dan mereka akan dibantu oleh masyarakat di Gunung Seriang. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan TMMD dilakukan dengan melibatkan semua stakeholder terkait sehingga diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat sekitar.

"Kita berharap program ini bisa berkelanjutan. Sehingga, bisa menyasar seluruh wilayah di Bulungan," harapnya.

Selain pekerjaan fisik, Kodim 0903/Bulungan juga akan melaksanakan TNI manunggal air bersih. Sehingga, bisa diberdayakan oleh masyarakat. Kegiatan lainnya, yakni bakti sosial. Salah satunya, pengobatan massal.

"Ini salah satu upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

TerPopuler