Satpolairud Polres Gianyar Bersama Masyarakat Lakukan Penyelamatan Telur Penyu di Pantai Siyut - Paskotanews

Paskotanews

Politik, Hukum,Kriminalitas, Opini, Tips, Kesehatan, Religi, Budaya Dan Peristiwa

Breaking

Post Top Ad

04/06/22

Satpolairud Polres Gianyar Bersama Masyarakat Lakukan Penyelamatan Telur Penyu di Pantai Siyut

 



Gianyar - Diketahui mulai bulan April 2022 sampai bulan Oktober tahun 2022 ini adalah musim dimana penyu sedang bertelur. Begitu pula dipesisir pantai Gianyar kususnya pantai pantai yang masih berpasir dan belum terpasang tanggul penahan ombak masih banyak ditemukan penyu yang bertelur.


Di wilayah pesisir pantai Gianyar memang sudah ada penangkaran Tukik  resmi yaitu Eko Wisata Saba Asri atau Sea Bali Turtle Conservation di pantai Saba, Desa Saba, Kec. Blahabtuh, Gianyar, Yang di kelola oleh Bapak Made Kikik. Namun demikian diluar itu juga ada komunitas pemancing dipantai Siyut  yang cukup intens melakukan penyelamatan terhadap penyu yang bertelur yang kemudian ditampung di penampungan swadaya di pantai Siyut. (Sabtu, 4/6/2022).


Personil Satpolairud Aiptu Ketut Ginastra, Aiptu I Made Sulatra dan Aiptu Dewa Mayun Arinata, telah melakukan penyelematan terhadap 113 butir telur penyu jenis Lekang yang dilakukan bersama dengan para pemancing sekaligus pemerhati dan pecinta penyu yaitu I Gusti Ngurah Gde asal Banjar Siyut, Desa Tulikup dan I Nyoman Sandi asal Bebalang Bangli. 


Hal ini berawal dari temuan jejak penyu dipasir yang kembali kelaut yang diduga habis bertelur, setelah ditelusuri jejaknya dan setelah dilakukan penggalian ternyata benar ditemukan telur penyu sebanyak 113 butir, yang kemudian dilakukan upaya penyelamatan. 


Telur - telur ini untuk sementara sudah ditanam di lokasi penampungan swadaya yang cukup aman dari binatang seperti anjing ataupun terendam oleh air laut yang bisa menyebabkan kebusukan. 


Sampai saat ini jumlah telur penyu yang dalam proses menunggu lahir sudah sebanyak 818 butir sejak bulan Mei hingga hari ini. Nantinya setelah lahir akan langsung dilepasliarkan dipantai Siyut. 


"Kita sangat apresiasi dan terimakasi kepada para pemancing atau masyarakat yang peduli terhadap upaya penyelematan telur penyu ini, karena ini sebagai suatu bentuk nyata terhadap upaya pelestarian alam kususnya binatang penyu yang sudah di semakin langka," kata Kasat Polairud Polres Gianyar AKP I WAYAN ANTARIKSAWAN, SH, MH.,



Penulis : Abimanyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages