Dandim 0903/Bulungan Lepas Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMKN 2 Tanjung Selor

Dandim 0903/Bulungan Lepas Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMKN 2 Tanjung Selor

05/12/22, Desember 05, 2022

 


Tanjung Selor, Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP didampingi Plh Pasi Pers Kapten Inf Mapasila melepas siswa siswi SMKN 2 Tanjung Selor yang sebelumnya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Makodim 0903/Bulungan Jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor, Senin (5/12/2022).


Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke 4, Kodim 0903/Bulungan turut serta berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diwajibkan sesuai kurikulum pendidikan SMK, dengan tujuan agar setelah lulus para siswa memiliki kemampuan dan telah siap untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi ataupun langsung bekerja sesuai keahlian pada jurusan pendidikan yang telah ditempuh.


Para siswa yang berasal dari SMKN 2 Tanjung Selor menempuh pendidikan PKL di Kodim 0903/Bulungan dengan diberikan pembinaan latihan maupun pengisian beberapa materi pelajaran perkantoran seperti pengetahuan dan keterampilan administrasi perkantoran dan kedisiplinan serta bela negara.


Kegiatan ini juga merupakan upaya menciptakan pembentukan sikap disiplin dan kemandirian para siswa dalam menanbah pengalaman management di lingkup hankam. Dengan motivasi dan pengarahan yang maksimal diharapkan siswa dapat mendapatkan pengetahuan di lapangan, Semangat dan kegigihan dalam bekerja adalah modal utama dalam menunjang kesuksesan di masa yang akan datang.


Lebih lanjut mengatakan, bahwa PKL adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program kurikulum pendidikan di sekolah berupa teori dengan praktek lapangan untuk mendapatkan pemahaman dan pendalaman materi serta penambahan keterampilan/penguasaan keahlian tertentu yang diperoleh hanya dengan melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja.


Selain itu, PKL juga mengenalkan siswa dengan lingkungan kerja nyata yang merupakan link and match antara Kurikulum Sekolah dengan Kodim 0903/Bulungan yang mengemban tugas sebagai Public Relation. Semua materi yang telah diperoleh agar benar-benar dipahami dan dimengerti serta diambil manfaatnya untuk dijadikan bekal dalam menempuh pendidikan selanjutnya.


Perwakilan siswa PKL, Bagas, mengaku telah banyak menerima pelajaran yang sangat berarti terutama materi-materi yang belum didapatkan di sekolah serta menyampaikan ucapan terimakasih atas segala bimbingan dan ilmu pengetahuan yang telah diberikan selama mengikuti PKL di Kodim 0903/Bulungan.


Kami sangat bangga bisa melaksanakan PKL di Instansi Militer khususnya Kodim 0903/Bulungan, dimana kami dapat didikan disiplin yang tinggi, loyalitas dan kerjasama yang baik, tambahnya.

TerPopuler