Pesta Budaya Adat Meja Panjang Di Desa Pimping Berlangsung Meriah

Pesta Budaya Adat Meja Panjang Di Desa Pimping Berlangsung Meriah

04/01/23, Januari 04, 2023


Tanjung Selor, Tradisi Pesta Adat Meja Panjang digelar masyarakat Dayak di Desa Pimping Kecamatan Tanjung Palas Utara, kegiatan yang merupakan rangkaian dari perayaan natal dan tahun baru tersebut, dilaksanakan hampir setiap tahun sekali.


Dalam kegiatan tersebut Dandim 0903/Bulungan diwakili Danramil 0903-04/Tanjung Palas Utara Kapten Inf Mapasila hadiri pesta budaya adat meja panjang bertempat di Lapangan Desa Pimping Kec Tanjung Palas Utara, Rabu (4/1/2023).


Hadir dalam kegiatan antara lain Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal A. Paliwang., SH., M. Hum, Ketua DPRD Prov. Kaltara Albertus Stefanus Marianus, ST, Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Ari Estefanus, S. Sos., M.Sc, Bupati Bulungan bapak Syarwani, S.Pd M.Si, Ketua DPRD Kab Bulungan bapak Kilat Bilung AMd, Dandim 0903/Bulungan diwakili Danramil 0903-04/TPU Kapten Inf Mapasila, Wakil Bupati Bulungan bapak Ingkong Ala SE M.Si, Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar, S.H.,  S.I.K, Letkol Cpm Abdur Rouf A., S.H. Dandenpom VI/3 Bulungan, Tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta masyarakat.


Bupati Bulungan bapak Syarwani, S.Pd M.Si mengatakan kalau pesta budaya adat meja panjang ini merupakan warisan leluhur dan kebanggaan bagi warga Bulungan sehingga harus dijaga dan dilestarikan agar tidak pudar tergerus waktu.


Tidak hanya makan bersama, tapi begitu banyak kesenian yang ditampilkan disini dan tentunya kita harus bangga karena tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahuh lalu dan bertahan hingga saat ini.


Lebih lanjutnya secara pribadi saya menyampaikan agar warga Pimping setidaknya bisa menjaga tradisi ini dan menjadikannya wajah bagi warga Pimping.


Dandim 0903/Bulungan diwakili Danramil 0903-04/Tanjung Palas Utara Kapten Inf Mapasila mengapresiasi kegiatan atau tradisi yang masih terpelihara tersebut. Menurutnya, pesta budaya Meja Panjang menjadi tradisi yang mampu mengumpulkan masyarakat dari berbagai suku, bahkan berbagai daerah.


Tradisi Meja Panjang ini, telah menjadi ajang pemersatu masyarakat, sehingga harus terus dilestarikan bahkan ditingkatkan lagi kualitas kegiatannya.


Selain memberikan manfaat untuk mengumpulkan warga, tradisi meja panjang juga bisa menjadi objek wisata yang bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.


Kepala Desa Pimping, Yancer Mariton mengatakan kalau pesta budaya adat meja panjang ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan oleh warga Pimping sebagai bentuk rasa syukur dari hasil panen pertanian, rasa syukur pergantian tahun dan mempererat silaturahim antar warga Pimping dengan saling berbagi makanan dalam satu wadah meja panjang.


Keunikannya ada pada makan bersama dalam satu meja, makanya setiap kegiatan ini diadakan warga dari desa tetangga juga datang untuk menikmati makanan yang ada di meja panjang.

TerPopuler