Latsarmil Ditutup, 500 Orang Menjadi Bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara

Latsarmil Ditutup, 500 Orang Menjadi Bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara

31/07/23, Juli 31, 2023

  


Tabanan - Inspektorat Kodam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Adrianto, S.I.P., memimpin upacara penutupan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Pendidikan Komponen Cadangan tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Chandradimuka Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, pada Senin (31/7/2023).


Mengawali amanat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang dibacakan oleh Irdam IX/Udayana, mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi atas kesiapan anggota Komponen Cadangan untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara.


"Saya atas nama pribadi maupun pimpinan Kemhan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan selamat kepada seluruh anggota Komponen Cadangan Pertahanan Negara dan saya bangga bisa berdiri di tengah-tengah prajurit Komponen Cadangan Pertahanan Negara yang terbukti kuat, tangguh dan berwibawa," ujarnya.


Lebih lanjut disampaikan, dengan selesainya kegiatan pendidikan dasar kemiliteran ini, diharapkan anggota Komponen Cadangan dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing, mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara teori maupun praktek, serta yang terpenting dapat mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).


"Komponen Cadangan Pertahan Negara harus siap dimobilitas sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DPR RI yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI dengan tugas untuk memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," tegas Menhan RI.


Diakhir amanatnya, Menhan RI juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pelatih, pendukung, penyelenggara dan lainnya di beberapa Rayon Kodam serta Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara.


Diketahui, selain Kodam IX/Udayana yang melaksanakan Latsarmil Komponen Cadangan sebanyak 500 orang, dilaksanakan juga di beberapa Rayon Kodam serta di Matra Laut dan Matra Udara.


Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Sumdahan Pothan Kemhan RI, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU, dan Para Kabalak Kodam IX/Udy, serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

TerPopuler