Biro SDM Polda Papua Laksanakan Assesment Jabatan Kasat Lantas dan Kasat Binmas di Lingkungan Polda Papua

Biro SDM Polda Papua Laksanakan Assesment Jabatan Kasat Lantas dan Kasat Binmas di Lingkungan Polda Papua

01/09/23, September 01, 2023

 


Jayapura – Untuk meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Personel Polri, Biro SDM Polda Papua melaksanakan Assement jabatan Kasat Lantas dan Kasat Binmas di lingkungan Polda Papua bertempat di Assement Center Biro SDM Polda Papua Kota Jayapura, Kamis (31/8/2023).


Kegiatan Assement yang dibuka oleh Kabag Binkar Biro SDM Polda Papua AKBP Cahyo Sukarnito, S.I.K., M.K.P., dilakukan dalam rangka untuk mencari profil seseorang perwira Polri di lingkungan Polda Papua yang nantinya akan menduduki Jabatan Kasat Lantas dan Kasat Binmas pada satuan wilayah yang ada di Polres-Polres Jajaran Polda Papua.


Kabag Binkar mengatakan, selain mencari profil seseorang, Assesment ini dilakukan dalam rangka mapping personel yang berdasarkan kapasitas dan kredibilitas asesi untuk menduduki jabatan tertentu. 


“Kami mengharapkan pada pelaksanaan Assesment ini bisa berjalan dengan baik, peran Assesor sangat menentukan para peserta yang mengikuti kegiatan Assesment ini berdasarkan output dan outcome dari hasil mengikuti Assesment ini layak untuk menduduk jabatan Kasat Lantas maupun Kasat Binmas,” ucap Kabag Binkar.


Sementara itu, Karo SDM Polda Papua Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, S.I.K. M.Si. mengatakan bahwa Assesmen Jabatan Kasat Lantas dan Kasat Binmas ini di ikuti sebanyak 24 peserta dari Satker Polda dan anggota perwira  Polres Jajaran Polda Papua.


“Kita laksanakan selama 2 hari dengan metode yang kita gunakan dengan Simulasi Intray, LGD (Diskusi tanpa pemimpin) dan BEI atau wawancara,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Kombes Wayan mengatakan bahwa dirinya monitor langsung terkait dengan pelaksanaan Assement di Polda Papua banyak hambatan yang butuh Atensi khusus untuk segera di penuhi, diantaranya banyak Assesor yang dalam waktu dekat akan purna tugas dan hal ini perlunya melakukan Kaderisasi agar nantinya pada pelaksanaan Assesment berikutnya tidak kekurangan Assesor.


“Untuk itu kita akan secepatnya melakukan pendataan bagi perwira - perwira remaja untuk kita kita Latih menjadi Assesor dengan mendatangkan pelatih Assesor dari Mabes Polri,” pungkas Kombes Wayan.

TerPopuler