Peran Babinsa Pimping Dalam Patroli Dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla Kepada Masyarakat

Peran Babinsa Pimping Dalam Patroli Dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla Kepada Masyarakat

29/08/23, Agustus 29, 2023

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-04/ Tpu Babinsa Sertu Tampubolon melaksanakan kegiatan Patroli Karhutla bersama UPTD Dinas Kehutanan Kota Tarakan dan Polsek Tpu serta memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang membuka Lahan, pada saat membakar Lahan supaya dijaga guna menghindari terjadinya kebakaran hutan yang dilaksanakan di jalan tani Trombak di Desa Pimping Kec. Tanjung Palas Utara, Selasa (29/8/2023).


Sertu Tampubolon mengatakan Tim gabungan melakukan patroli di wilayah tugasnya secara rutin. Patroli ini bertujuan untuk memantau potensi kebakaran, mengidentifikasi titik rawan, dan mendeteksi perilaku yang dapat menyebabkan karhutla, seperti pembakaran lahan ilegal. Dengan kehadiran Babinsa dalam patroli, mereka dapat segera mengambil tindakan preventif untuk menghindari terjadinya karhutla.


Babinsa juga berperan sebagai agen penyuluhan dalam sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarakat. Mereka memberikan informasi tentang bahaya karhutla, metode pencegahan, serta tata cara penanganan awal jika terjadi kebakaran. Sosialisasi dilakukan melalui pertemuan komunitas, seminar, kampanye di media sosial, dan berbagai sarana lainnya guna mencapai khalayak yang lebih luas.


Melalui patroli dan sosialisasi yang konsisten, Babinsa dapat membantu membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lahan. Masyarakat diajak untuk tidak membakar lahan secara sembarangan, melaporkan aktivitas mencurigakan, dan menjaga lingkungan agar terhindar dari risiko karhutla.


Babinsa juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk mengoptimalkan upaya pencegahan karhutla. Kolaborasi ini mencakup pengorganisasian latihan evakuasi, pengadaan alat pemadam, dan koordinasi dalam menghadapi situasi darurat.


Peran Babinsa dalam patroli dan sosialisasi tentang pencegahan karhutla memiliki dampak besar dalam melindungi lingkungan dan masyarakat. Melalui langkah-langkah tersebut, diharapkan bahwa kesadaran masyarakat akan meningkat dan karhutla dapat diminimalisir. Dengan upaya berkelanjutan, kerjasama lintas sektor, dan partisipasi aktif masyarakat, tujuan pencegahan karhutla dapat tercapai dengan lebih efektif.


Hadir dalam kegiatan antara lain UPTD. Dinas kehutanan Bpk Romy beserta anggota, Staf desa Melky, Babinsa Sertu Tampubolon, Bhaminkamtibmas Briptu Herian, KKN Mahasiswa Unikal.

TerPopuler