Kapolda Papua Buka Pelatihan dan Pembekalan Bagi Pegawai Negeri Pada Polri di Polda Papua

Kapolda Papua Buka Pelatihan dan Pembekalan Bagi Pegawai Negeri Pada Polri di Polda Papua

13/09/23, September 13, 2023

 


Jayapura – Personel Satgas Binmas Ops Rasaka Cartenz-2023 Polres Dogiyai terus berupaya mendukung pendidikan dan mengatasi masalah buta aksara di wilayah Kabupaten Dogiyai, khususnya di Kampung Kimipugi, Distrik Kigamani. Pada Selasa (12/09/2023), mereka kembali menggelar program Si-Ipar (Polisi Pi Ajar) untuk anak-anak di daerah tersebut.


Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasubsatgas Ops Rasaka Cartenz, AKP Michael Luther Ayomi, S. Sos, yang didampingi oleh 6 personel lainnya. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak yang tidak bersekolah atau telah putus sekolah.


AKP Michael menjelaskan bahwa program belajar mengajar ini telah menjadi rutinitas dalam upaya meningkatkan pengetahuan anak-anak di Kampung Kimipugi. Mereka diajarkan cara berhitung, terutama penjumlahan dalam bilangan besar, dengan menggunakan metode maju mundur. 


“Selain itu, mereka diberikan contoh penyelesaian masalah untuk memudahkan pemahaman. Para peserta juga diberikan soal penjumlahan yang harus diselesaikan dengan metode yang telah diajarkan,” ucapnya.


Program Si Ipar dikelola oleh Satuan Tugas Binmas Ops Rasaka Cartenz dan memiliki tujuan yang lebih besar, yaitu mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kabupaten Dogiyai pada tahun 2022 masih memiliki IPM yang rendah, yaitu di bawah 60, sehingga program ini menjadi sangat penting.


Kabid Humas Polda Papua, yang juga menjabat sebagai Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menyatakan bahwa program Si Ipar yang dilakukan secara rutin dapat memacu motivasi dan semangat anak-anak di wilayah tersebut untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka.


"Dengan upaya ini, harapannya mereka akan mampu mengembangkan bakat dan kemampuan mereka, sehingga menjadi individu yang berguna bagi masyarakat dan masa depan mereka sendiri," ujar Kasatgas Humas.


Kegiatan ini ditutup dengan pemberian snack kepada anak-anak yang mengikuti pembelajaran, bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar mereka dan memberikan kebahagiaan atas kehadiran Tim Binmas Noken di lingkungan mereka. Program Si-Ipar terus menjadi langkah konkret dalam membangun masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak di Kabupaten Dogiyai.

TerPopuler