Pendampingan Babinsa Pura Sajau dalam Mengolah Lahan Kebun Cabai dengan Peralatan Modern

Pendampingan Babinsa Pura Sajau dalam Mengolah Lahan Kebun Cabai dengan Peralatan Modern

27/09/23, September 27, 2023

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-07/Tanjung Palas Timur babinsa Pura Sajau Koptu Wahid bersama Mahasiswa Unikal melaksanakan Pendampingan membantu petani mengolah lahan kebun cabai dengan peralatan modern di kebun bapak Cali dengan luas lahan 1 Hektar jenis varietas cabai cakra Desa Pura Sajau Kec Tanjung Palas Timur, Rabu (27/9/2023).


Koptu Wahid mengatakan kami sebagai Babinsa memberikan penyuluhan kepada petani tentang manfaat penggunaan peralatan modern dalam pertanian cabai, seperti traktor, pompa air, dan alat pengolahan tanah. Mereka menjelaskan cara menggunakan peralatan ini dengan aman dan efektif.


Babinsa tidak hanya memberikan teori, tetapi juga memberikan pelatihan praktis kepada petani. Mereka bersama-sama dengan petani mempraktikkan penggunaan peralatan modern sehingga petani dapat menguasainya dengan baik.


Babinsa membantu petani dalam memilih peralatan yang sesuai dengan skala dan jenis pertanian cabai yang mereka lakukan. Hal ini memastikan bahwa investasi dalam peralatan modern memberikan hasil yang maksimal.


Babinsa seringkali turun langsung ke lahan kebun cabai untuk membantu petani dalam mengolah tanah, menyemprot pestisida, atau melakukan tugas lainnya yang memerlukan peralatan modern. Mereka memastikan bahwa proses ini berjalan dengan baik dan efisien.


Babinsa juga memberikan panduan tentang pemeliharaan peralatan modern agar tetap dalam kondisi baik. Hal ini membantu petani dalam memperpanjang umur pakai peralatan dan menghindari biaya perbaikan yang tinggi.


Dampak dari pendampingan Babinsa ini sangat positif. Penggunaan peralatan modern dalam pertanian cabai meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu dan tenaga kerja yang diperlukan, serta meningkatkan pendapatan petani. Selain itu, peralatan modern juga membantu dalam pengelolaan sumber daya alam yang lebih berkelanjutan, seperti penggunaan air yang lebih efisien.


Pendampingan Babinsa dalam mengolah lahan kebun cabai dengan peralatan modern merupakan langkah positif dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia. Ini bukan hanya meningkatkan kesejahteraan petani, tetapi juga berkontribusi pada ketahanan pangan nasional. Dengan kerja sama yang baik antara Babinsa, petani, dan pemerintah, pertanian cabai di Indonesia dapat terus berkembang menuju masa depan yang lebih cerah.

TerPopuler