Babinsa Kerang Dayo Dampingi Petani Dalam Kegiatan Sekolah Lapangan

Babinsa Kerang Dayo Dampingi Petani Dalam Kegiatan Sekolah Lapangan

30/10/23, Oktober 30, 2023

 


Kodim 0904/Paser Kecamatan Batu Engau. Bertempat di Kebun milik Bapak Alex Petani Jagung di Desa Kerang Dayo Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser telah dilaksanakan kegiatan Sekolah Lapang (SL) Jagung dari UPTD Provinsi Kalimantan Timur kepada para PPL Petani Jagung Desa Kerang Dayo. Senin (30/10/2023)


Dalam kegiataan ini dihadiri oleh Ibu Tri Kepala UPTD BPSDMP Beserta rombongan dari Provinsi Kaltim, Kabid penyuluhan Kabupaten Paser Bapak Husein, Babinsa Kerang Dayo Serka M. Ansari, Kepala UPTD Batu Engau Bapak Edi, Perwakilan PT. DGW Bapak Heri selaku penyuplai insektisida ke kios-kios, PPL Se Kecamatan Batu Engau, kelompok tani beserta anggotanya.


Pada Sekolah lapang dilakukan Penerapan tekhnologi spesifik lokasi pada lahan dengan luas kurang lebih 8 ha. Lahan tadah hujan ini menggunakan pola tanam palawija berupa tanaman jagung.


Adapun penerapan teknologi spesifik lokasi antara lain yaitu varietas unggul bersertifikat bisi 2, pengolahan tanah sederhana (tot), jarak tanam 80x40 cm, jumlah biji 2 biji per lubang dan pupuk diberikan 3 kali sebagai pupuk dasar susulan 1 dan susulan 2 (N 300 kg, NPK 40 kg, dan organik >2 ton).


Meskipun pada lahan SL kekurangan air irigasi, namun tetap dioptimalkan dengan memanfaatkan mesin pompa dengan sumber air dari sungai sekitar Lahan.


Dalam kegiatan ini pun para Petani memberikan saran serta masukan kepada UPDT Provinsi maupun Pemkab Paser seperti halnya dengan dukungan mesin pencacah dengan tujuan pembuatan pupuk kompos dan adanya kerjasama antara petani dengan Instansi terkait.


Adapun keluhan dari Petani terkait kendala-kendala yang terjadi akhir-akhir ini, dimana para Petani menyampaikan bahwa kendala Air yang tidak lancar dikarenakan Musim Kemarau dan Dukungan Pupuk yang masih minim.


Diharapkan dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang ini dapat memberikan titik terang bagi para Petani Jagung yang berada di Desa Kerang Dayo.


Dim 0904/Psr

TerPopuler