Babinsa Menjadi Pembina Upacara Dalam Peringatan Hari Batik Nasional di SMPN 1 Bunyu

Babinsa Menjadi Pembina Upacara Dalam Peringatan Hari Batik Nasional di SMPN 1 Bunyu

02/10/23, Oktober 02, 2023

 


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-03/Bunyu Babinsa Bunyu Barat Sertu Agus Supriyadi melaksanakan kegiatan upacara kenaikan bendera dan menjadi pembina upacara dalam rangka memperingati Hari Batik nasional SMPN 1 Bunyu bertempat dihalaman sekolah SMPN 1 Bunyu Desa Bunyu Barat Kec. Bunyu, Senin (2/10/2023).


Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, SMPN 1 Bunyu menggelar sebuah acara yang istimewa dengan mengundang Babinsa untuk memimpin upacara kenaikan bendera. Kegiatan ini tidak hanya untuk merayakan keindahan batik sebagai warisan budaya Indonesia tetapi juga untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang nilai-nilai tradisional yang terkandung dalam kain batik.


Sertu Agus Supriyadi mengatakan hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober sebagai pengakuan UNESCO terhadap keindahan dan nilai budaya kain batik Indonesia. Batik telah menjadi simbol identitas dan kekayaan budaya bangsa Indonesia, dan peringatan ini adalah kesempatan untuk merayakan warisan budaya ini.


Babinsa Bunyu Barat yang telah lama berperan aktif dalam mendukung pendidikan dan budaya di wilayahnya, dengan penuh semangat menjadi pembina upacara dalam peringatan ini. Babinsa memberikan pidato yang menggugah semangat untuk menjaga dan menghargai batik sebagai bagian penting dari kebudayaan Indonesia.


"Dalam batik, terdapat cerita dan pesan yang dalam. Setiap motif dan corak memiliki makna yang mendalam, dan ini mengajarkan kita untuk menjaga kekayaan budaya kita. Melalui batik, kita juga bisa merasakan kebersamaan dan persatuan yang menjadi jiwa bangsa kita," ujar Sertu Agus Supriyadi dengan antusias.


Upacara kenaikan bendera ini dihadiri oleh para siswa-siswi SMPN 1 Bunyu, guru, dan warga masyarakat setempat. Mereka menyaksikan dengan khidmat saat bendera Merah Putih dikibarkan sebagai simbol kebanggaan nasional.


Selain upacara, SMPN 1 Bunyu juga menggelar berbagai kegiatan yang mempromosikan batik kepada siswa-siswi. Para siswa diajak untuk memahami sejarah batik, teknik pembuatan, dan berbagai motif yang ada. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi mereka terhadap seni tradisional Indonesia.


Kepala SMPN 1 Bunyu, menyatakan, "Kami sangat berterima kasih kepada Sertu Agus Supriyadi yang telah menjadi inspirasi bagi siswa-siswi kami dalam menghargai kebudayaan dan seni tradisional. Peringatan Hari Batik Nasional ini bukan hanya acara formal, tetapi juga pembelajaran yang berharga."


Peringatan Hari Batik Nasional di SMPN 1 Bunyu menjadi bukti nyata bahwa kebudayaan Indonesia, terutama batik, terus hidup dan berkembang. Melalui pendidikan dan semangat seperti ini, generasi muda Indonesia diharapkan akan tetap menjaga, menghargai, dan mempromosikan warisan budaya yang berharga ini kepada generasi mendatang.

TerPopuler