Polda Papua Gelar Capacity Building untuk Perwira SIP Angkatan 52 dan PAG Gelombang 1 Tahun 2023

Polda Papua Gelar Capacity Building untuk Perwira SIP Angkatan 52 dan PAG Gelombang 1 Tahun 2023

21/11/23, November 21, 2023

 


Jayapura - Polda Papua menggelar kegiatan Capacity Building dalam rangka pembekalan bagi perwira lulusan SIP Angkatan 52 dan PAG Gelombang 1 Tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua pada Senin (20/11/2023) ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.SI, dan Auditor Kepolisian Madya TK II Itwasda Polda Papua, Kombes Pol. Gatot Suprasetya, S.I.K,. M.H.


Dalam kegiatan ini, hadir pula Kabag Binkar Polda Papua, AKBP Cahyo Sukarnito, S.I.K., M.K.P, Kasubag Mutjab Bagbinkar Ro SDM Polda Papua, Kompol Dony Cancero, S.I.K., S.H, Kasubagbinlatops baginops Ro Ops Polda Papua, Kompol Pillomina Ida Waymramra, S.E, S.I.K, Kasubdit Pid Polda Papua, Kompol Nurjanah, S.Sos., M.M, Kabbid Keu Polda Papua, Kombes Pol Singgih Rachmanto, S.I.k, dan Kasubbit Waster Pamobvit Polda Papua, Kompol Aris Mangape, S.H.


Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi oleh Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.SI. Ia memberikan pembekalan kepada lulusan perwira SIP dan PAG, mengingatkan mereka untuk tidak memamerkan kekayaan secara berlebihan, terutama melalui media sosial. 


“Mari Bersama sama belajar meningkatkan kapasitas diri, dimana apabila diri kita memiliki kompetensi yang lebih dari orang lain dapat memiliki banyak sekali efek positif dimana salah satunya pimpinan maupun masyarakat akan merasa bangga dan senang bekerja bersama kita,” ucapnya.


Kombes I Wayan juga mengingatkan agar para perwira selalu memberikan dampak positif melalui tindakan-tindakan kecil, baik kepada bawahan, teman, maupun keluarga.


Menanggapi situasi politik yang akan datang, terutama dalam rangka Pemilu dan Pemilihan Presiden, Kombes I Wayan  menekankan pentingnya menjaga kepercayaan masyarakat dan memberikan dampak positif. Ia mengingatkan peserta bahwa tugas mereka akan semakin berat mengingat Papua memiliki tingkat kerawanan yang signifikan, seperti yang diindikasikan oleh Index Potensi Kerawanan Pemilu (IPKP) tahap 2.


Materi selanjutnya disampaikan oleh Auditor Kepolisian Madya TK II Itwasda Polda Papua, Kombes Pol. Gatot Suprasetya, S.I.K,. M.H. Ia menjelaskan tugas pokok Itwasda, termasuk pengawasan di lingkungan Polda untuk memberikan penjaminan kualitas dan memberikan konsultasi serta pendampingan kegiatan pengawasan dari lembaga eksternal.


Kombes Gatot Suprasetya juga menyampaikan beberapa hal yang dapat menyebabkan tingginya laporan masyarakat terkait sidik tindak pidana. “Penanganan laporan polisi yang berlarut-larut, adanya keberpihakan atau intervensi dalam penanganan laporan, rekayasa atau manipulasi penanganan laporan, serta masih adanya pungli dalam pelayanan publik,” jelasnya.


Kasubagbinlatops Baginops Ro Ops Polda Papua, Kompol Pillomina Ida Waymramra, S.E, S.I.K. juga turut membahas kesiapan Polda Papua dalam menghadapi Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024. 


Kompol Waymramra menyampaikan tujuan dan mekanisme Pemilihan Umum tahun 2023-2024, serta 5 pilar pemilu berkualitas yang mencakup regulasi yang jelas, logistik yang tepat waktu, penyelenggara yang profesional, peserta yang kompeten, dan pemilih yang berpendidikan.


Dalam rangka mendukung pelaksanaan pemilu yang berkualitas, Kompol Waymramra menekankan pentingnya menjaga kesehatan personel di lapangan dan memastikan ketersediaan personel yang memadai. 


“Kepada para perwira untuk menjaga kesehatan. Personel yang tidak dapat dilibatkan dalam berbagai alasan, seperti sakit menahun, masalah pendidikan, dan penugasan di luar struktur, perlu mendapatkan perhatian khusus,” ungkapnya.


Kegiatan ditutup dengan harapan agar seluruh peserta dapat terus meningkatkan kapasitas diri dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

TerPopuler