Dukung Kelancaran Arus Mudik di Pelabuhan, Kapolresta Hadiri Apel Siaga Posko Terpadu

Dukung Kelancaran Arus Mudik di Pelabuhan, Kapolresta Hadiri Apel Siaga Posko Terpadu

26/03/24, Maret 26, 2024

  


Polresta Jayapura Kota,- Dukung kelancaran pelaksanaan pengamanan arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M di Pelabuhan Laut Jayapura, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si hadiri Apel Siaga Pembukaan Posko Terpadu Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 - 1445 H bertemoat di Lapangan Parkir PT. Pelindo Jayapura, Selasa (26/3) pagi.


Giat pelaksanaan pengamanan Posko Terpadu Pelabuhan Jayapura dikoordinir langsung oleh KSOP Kelas II Jayapura.


Turut hadir Dansatrol Lantamal X Jayapura Letkol Dedy Obeth, Perwakilan Kodim 1701 Jayapura Letkol Mustafa, Kapolsek KPL Jayapura AKP Riachard L. Rumboy, Kepala Politeknik Penerbangan Jayapura Musrikona, Kepala BMKG Jayapura, Kepala Cabang PT. Pelni Jayapura, GM PT. Pelindo Regional 4 Jayapura, Kepala KKP Klas II Jayapura, Kepala BPTD Klas II Jayapura dan Perwakilan Satpol PP Kota Jayapura.


Rangkaian giat apel yang dilaksanakan, dilakukan juga penyematan tanda peserta perwakilan pembukaan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 - 1445 H oleh Pimpinan Apel Kepala KSOP Klas II Jayapura Capt. Agustinus, S.T., M.T.


Dalam sambutannya Capt. Agus membacakan amanat Dirjen Perhubungan Laut yang intinya, hadirnya Posko Terpadu dapat melancarkan penyelenggaraan transportasi laut yang baik jelang Lebaran.


"Angkutan laut sangat penting dalam mendukung suasana mudik lebaran kepada masyarakat yang hendak ke daerah Kepulauan,  namun harus disadari adanya resiko yanh tidak kalah dengan transportasi lainnya," ucap Capt. Agus.


Lebih lanjut dibacakannya, untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal dan petugas pelabuhan maka yang pertama pastikan armada kapal dalam keadaan layak laut, kedua tingkatkan koordinasi dan sinergi bersama stakeholder dan operator untuk pembentukan posko pelayanan angkutan laut lebaran.


Ketiga, tingkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran, keempat optimalkan potensi armada di daerahnya masing-masing,  kelima perbaharui informasi terkini jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal.


Keenam, membuat mitigasi resiko dan perhitungkan kesiapan armada yang digunakan selama lebaran, dan yang terakhir manfaatkan media sosial dalam mempublikasi informasi terkait penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2024.


Komitmen dalam pelaksanaannya sendiri berupa kolaborasi, koordinasi, dan integritas. "Marilah kita bersama berupaya agar penyelenggaraan angkutan laut lebaran berjalan dengan baik dan sukses serta masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan selamat, aman, nyaman, lancar dan sehat serta terkesan dengan pelayanan mudik sesuai narasi utama angkutan laut lebaran tahun 2024 yakni Mudik Ceria Penuh Makna," pungkas Capt Agus mengakhiri sambutan Dirjen Perhubungan Laut.(*)


Penulis : Subhan

TerPopuler