Kegiatan Non Fisik TMMD ke 119 Berikan Penyuluhan Tentang Pertanian

Kegiatan Non Fisik TMMD ke 119 Berikan Penyuluhan Tentang Pertanian

01/03/24, Maret 01, 2024

  


Tanjung Selor - Dalam rangka mensukseskan TMMD ke 119 Kodim 0903/Bulungan juga melaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan pertanian.


Kegiatan dilaksanakan di Gedung Badminton Kampung Baratan Desa Gunung Seriang, Kec. Tanjung selor, Kabupaten Bulungan. Jumat (01/03/2024).


Seluruh kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan Sasaran Non Fisik yang di laksanakan dalam program TMMD ke 119 Kodim 0903/Bulungan.


Hadiri Langsung dalam acara penyuluhan pertanian, Koordinator TMMD 119 Kodim 0903/Bul, Kapten Inf Pardi Mulyo, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Kepala Desa Gunung Seriang, serta masyarakat Kampung Baratan Desa Gunung Seriang.


Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, bapak Firdaus yang juga selaku pemateri dalam penyuluhan pertanian menyampaikan materi tentang proses penanaman dan budidaya cabe yang baik dan benar.


“Dalam proses penanaman cabe dan budidaya cabe tentu kita harus tau prosesnya seperti apa, ada yang namanya perencanaan di antaranya pengolahan tanah, pemupukan dan penanaman bibit bisa dengan media di dalam plastik Polibeg, dengan media lainnya ataupun dengan langsung menanamnya langsung di tanah,” jelas Firdaus.


Melalui penyuluhan pertanian ini, Firdaus berharap masyarakat lebih mengerti sehingga dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari serta mendapatkan hasil cabe yang baik melimpah.


“Kalau proses ini dilakukan dengan baik maka hasilnya juga pasti baik, dengan hasil yang baik ini juga tentunya akan bisa membantu perekonomian masyarakat,” imbuhnya.


Selain itu, Firdaus juga berterimakasih kepada pihak TNI, terutama Kodim 0903/Bulungan yang sudah menggandeng Dinas Pertanian untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat.


Menurutnya kegiatan yang baik ini haruslah berkesinambungan terutama dalam bidang pertanian guna memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana menjadi petani yang baik dalam bercocok tanam.


“Meski nanti hasil yang kita dapatkan tidak banyak, namun setidaknya kita tidak perlu membeli dari orang lain untuk memenuhi keperluan untuk rumah tangga kita sendiri,” tutupnya.

TerPopuler