Kasdim 0904/Paser Hadiri Paparan RISOS Yontarlat III Elang

Kasdim 0904/Paser Hadiri Paparan RISOS Yontarlat III Elang

29/05/24, Mei 29, 2024



Kodim 0904/Paser Korem 091/ASN Kodam VI/Mlw, Kecamatan Tanah Grogot. Taruna Latihan Intregrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-44 di Kabupaten Paser secara aktif melaksanakan berbagai penelitian salah satunya proyek riset sosial pemanfaatan limbah sekam padi menjadi briket. Pemaparan proyek tersebut dilakukan di ruang rapat Telake kantor Bupati Paser. Rabu (29/5/2024).


Tim Riset Sosial tersebut terdiri dari Dosen Universitas Pertahanan (UNHAN) RI serta 9 orang perwakilan taruna-taruni Yontarlat-3 Elang, dipimpin Letkol Budi Sulistyo, Danyontarlat III/Elang Letkol Pnb Armin, Kepala Bidang Ideologi, wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama Ibu Diyah Mustika Sari yang dihadiri Kasdim 0904 Paser Kapten Inf Sartono, Polres Paser, camat se-Kabupaten Paser serta perwakilan perangkat daerah terkait.


"Riset sosial ini dilakukan guna mengurangi limbah sekam padi serta pemanfaatannya" kata taruna Akademi Angakatan Udara T. Choirul Anam selaku koordinator riset.


Penelitian ini dilakukan di Desa Sungai Tuak Kecamatan Tanah Grogot yang belum memiliki sistem pengolahan limbah sekam padi yang memadai.


“Selama ini limbah tersebut hanya dijual murah sebagai unsur hara,” kata Choirul Anam.


Ia menambahkan, melalui pengolahan limbah ini dapat menjadi solusi berkelanjutan untuk masalah polusi udara dan berdampak positif bagi masyarakat Kabupaten Paser.


“Produksi briket dapat memberikan sumber pendapatan baru bagi masyarakat, di samping itu petani juga dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan menjual limbah sekam padi untuk produksi briket,” kata Choirul Anam


Taruna UNHAN Juli Yandi Rahmat sebagai Wakil Koordinator menambahkan menambahkan, dari hasil riset tersebut menghasilkan briket yang lebih tahan dibandingkan arang biasa.


Dalam Sambutanya Danjen Akademi TNI yang di wakili Letkol Budi Sulistyo menyampaikan Bahwa Risos (Riset sosial) ini merupakan wujud implementasi permendikbud riset dan teknologi no 53 tahun 2023 tentang penjaminan mutu pendidikan tinggi dengan tujuan untuk melatih kemampuan meneliti mereka secara keilmuan terhadap berbagai permasalahan masyarakat di daerah latihan.


Diyah juga mengapresiasi kepada Komandan Yontarlat 3 Elang beserta anggota yang telah membimbing para Taruna selama berkegiatan terutama dalam mengerjakan riset sosial ini,”kata Dyah.


Dim 0904/Psr

TerPopuler