Dandim 0903/Bulungan Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022 Di Wilayah Kab Bulungan - Paskotanews

Paskotanews

Politik, Hukum,Kriminalitas, Opini, Tips, Kesehatan, Religi, Budaya Dan Peristiwa

Breaking

Post Top Ad

10/11/22

Dandim 0903/Bulungan Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022 Di Wilayah Kab Bulungan

 


Tanjung Selor, Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP bersama Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si serta Forkopimda Bulungan mengikuti Upacara bendera peringatan Hari Pahlawan ke 77 tahun 2022 bertempat di halaman Kantor Bupati Bulungan Jalan Jelarai Raya Tanjung Selor, Kamis (10/11/2022). 


Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si membacakan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyebutkan, selain mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan, peringatan menjadi momentum memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.


“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah belah bangsa, untuk mewujudkan masyarakat adil dan Makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” ajaknya. 


Dilanjutkan, tema Hari Pahlawan tahun ini yaitu Pahlawanku, Teladanku juga menjadi momentum untuk saling menghargai satu sama lain, membantu sesame tanpa memandang sekat serta mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.


Diterangkan, hari ini Bangsa Indonesia masih berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Pemanasan globak yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, perlu disiapkan dengan sungguh-sungguh. Begitu pula kesiap siagaan menghadapi bencana alam, termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya.


“Kita mempunya semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang,” tandasnya. Disebutkan, bangsa Indonesia harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. 


Melakukan pengembangan sumber panagan berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Lalu mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup generasi kini dan generasi mendatang lebih baik lagi.


“Tidak mudah memang tapi pasti bisa karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya,” tegasnya. Diingatkan, para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. 


Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya bukan pemberian dari siapapun. Melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.


Usai upacara, Bupati menyerahkan hibah bantuan kendaraan operasional roda dua kepada Forkopimda Bulungan.


Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk memulai perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan membangun negeri. Pengorbanan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan begitu besar, jangan sampai perjuangan mereka sia-sia.


Dandim, berharap para pemuda bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan ini dengan cermin dan sifat-sifat yang telah dilakukan pendahuluan seperti meninggalkan rasa ego, rasa kepentingan pribadi, dan lain sebagainya.


Demi generasi mendatang dengan lebih baik lagi, kita harus meneladani semangat dan jiwa patriotisme para pahlawan. Mereka pada masanya telah mengajarkan dan mewariskan pada kita beragam nilai-nilai perjuangan untuk kita tiru, sehingga jejak kemenangan pasti akan berada dalam genggaman.


Jadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam mengisi kemerdekaan negara Indonesia yang kita cintai ini. Selamat Hari Pahlawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages