Babinsa Koramil Bunyu Mendukung Pelatihan Baris Berbaris Anak SD untuk Pawai HUT RI

Babinsa Koramil Bunyu Mendukung Pelatihan Baris Berbaris Anak SD untuk Pawai HUT RI

31/08/23, Agustus 31, 2023

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-03/Bunyu Babinsa Sertu Usman Bisri melatih anak-anak SDN 03 Bunyu baris - berbaris dalam rangka pawai untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 bertempat di jalan Manunggal RT 12 Bunyu, Kamis (31/8/2023).


Sertu Usman Bisri mengatakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), banyak sekolah dasar (SD) yang mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah pawai. Pawai tersebut menjadi momen penting untuk menunjukkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Agar pawai berjalan dengan lancar dan teratur, peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) dalam melatih baris berbaris anak-anak SD menjadi krusial.


Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD di wilayah desa. Selain bertugas dalam aspek pertahanan, Babinsa juga memiliki peran penting dalam membina dan membantu masyarakat di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Dalam konteks persiapan pawai HUT RI, Babinsa sering turut serta dalam memberikan pelatihan baris berbaris kepada anak-anak SD.


Pelatihan baris berbaris membantu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kedisiplinan dan kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Mereka belajar untuk mengikuti perintah dengan tepat waktu dan tindakan yang sinkron.


Dengan berpartisipasi dalam pawai HUT RI, anak-anak diajarkan untuk merayakan keberagaman budaya dan sejarah Indonesia. Ini mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air sejak usia dini.


Melalui latihan ini, anak-anak juga mengembangkan keterampilan sosial seperti berkomunikasi dengan baik, bekerja dalam tim, dan menghormati perbedaan.


Ketika anak-anak berhasil menguasai gerakan-gerakan baris berbaris, mereka akan merasa lebih percaya diri saat tampil di depan publik. Hal ini dapat memberi dampak positif pada perkembangan kepribadian mereka.


Babinsa dalam pelatihan ini biasanya memberikan instruksi-instruksi dasar tentang gerakan baris berbaris, mulai dari sikap sempurna hingga langkah-langkah yang tepat. Mereka juga membantu mengkoordinasikan latihan bersama para guru di SD, sehingga pelatihan berjalan dengan lancar.


Pada akhirnya, peran Babinsa dalam melatih baris berbaris anak-anak SD untuk pawai HUT RI tidak hanya berkontribusi pada kelancaran acara tersebut, tetapi juga dalam pembentukan karakter generasi muda yang memiliki semangat patriotisme dan rasa tanggung jawab terhadap negara.

TerPopuler