Tim Kesehatan Program Keladi Sagu Obati Pengidap ISPA dan Cephalgia di Pelosok Papua Tengah

Tim Kesehatan Program Keladi Sagu Obati Pengidap ISPA dan Cephalgia di Pelosok Papua Tengah

29/08/23, Agustus 29, 2023

 


Jayapura – Satuan Tugas Rasaka Cartenz Polda Papua 2023 mengemban misi mulia dengan melaksanakan program layanan kesehatan gratis di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Senin (28/08/2023).


Pelaksanaan Program Keladi Sagu di Kampung Kago dipimpin oleh Kasubsatgas Keladi Sagu Rasaka Cartenz, Kompol Yosep Tato, bersama dengan tiga anggota tim, yakni Ipda Zainab, Bripda Muhammad Satrio Adi, dan Bripda Resky Tumonglo.


"Dalam pelaksanaan program Keladi Sagu di Kampung Kago, kami mengunjungi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, kami memberikan layanan pengobatan dan pemberian obat-obatan secara gratis kepada warga," ujar Ipda Zainab. 


Zainab menuturkan, tujuan dari implementasi program Keladi Sagu  adalah memberikan bantuan kepada warga yang mengalami masalah kesehatan seperti penyakit kulit, ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), dan Stunting.


Dalam kunjungannya, lanjut Zainab, tim kesehatan Keladi Sagu menemukan dua pasien bernama  Mina Waker dan Ana Mom, yang mengidap penyakit ISPA dan Cephalgia. Tim pun melakukan diagnosa lebih lanjut terhadap kedua warga tersebut dan memberikan pengobatan yang tepat. 


Diketahui sakit kepala atau dalam istilah kedokteran disebut cephalgia, merupakan penyakit yang sering dikeluhkan pasien. Keluhan sakit kepala dapat berupa rasa sakit pada kepala, leher, atau bagian atas bahu yang menjalar ke kepala.


 Zainab pun berharap bahwa program yang dijalankan oleh tim kesehatan Polri ini dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat dan juga membangkitkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan individu.


"Kami juga memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat di Tanah Papua, sehingga tidak hanya memberikan pengobatan, tetapi juga pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan," tambahnya.


Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, menyatakan bahwa Program Keladi Sagu merupakan kegiatan rutin yang terus ditingkatkan untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.


"Melalui kegiatan ini, kita berharap masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan untuk menghindari masalah kesehatan," tutur Kasatgas Humas.


Ia menjelaskan bahwa Keladi Sagu adalah bagian dari upaya Satgas Rasaka Polda Papua untuk mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), terutama dalam aspek kesehatan. Data BPS tahun 2022 menunjukkan bahwa Kabupaten Puncak memiliki IPM yang masih rendah, yaitu 45,44 atau dibawah 60.


“Diharapkan melalui program ini berdampak pada meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat di daerah tersebut dan Indeks Pembangunan Manusia yang lebih baik,” ujarnya.

TerPopuler