Babinsa dan Karang Taruna Bersatu dalam Kerja Bhakti Pembersihan Lapangan Sepak Bola

Babinsa dan Karang Taruna Bersatu dalam Kerja Bhakti Pembersihan Lapangan Sepak Bola

29/09/23, September 29, 2023

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-04/Tpu Babinsa Sertu Tampubolon bersama Karang Taruna Desa Pimping melaksanakan kegiatan Kerja Bhakti pembersihan lapangan sepak bola bertempat di Desa Pimping Kec. Tanjung Palas Utara, Jumat (29/9/2023).


Kerja bhakti adalah salah satu wujud nyata dari semangat gotong royong dan kebersamaan dalam masyarakat Indonesia. Kali ini, Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan Karang Taruna dari desa yang sama bergandengan tangan untuk melaksanakan kegiatan kerja bhakti yang berfokus pada pembersihan lapangan sepak bola. Kegiatan ini tidak hanya membantu memperbaiki infrastruktur lokal, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan.


Sertu Tampubolon mengatakan lapangan sepak bola adalah pusat kegiatan olahraga dan rekreasi di banyak desa dan kota di seluruh Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, lapangan tersebut sering mengalami kerusakan dan penumpukan sampah yang mengganggu aktivitas bermain sepak bola. Inilah yang mendorong Babinsa dan Karang Taruna untuk turun tangan.


Bersama-sama merencanakan kegiatan kerja bhakti ini dengan memilih tanggal yang sesuai dan menentukan peralatan yang dibutuhkan, seperti sapu, cangkul, dan truk sampah. Selanjutnya, mereka menggalang partisipasi dari anggota masyarakat setempat untuk bergabung dalam kegiatan ini.


Semangat gotong royong begitu terasa. Babinsa dan Karang Taruna bersama warga bahu-membahu membersihkan lapangan sepak bola dari berbagai jenis sampah, seperti plastik, daun kering, dan sampah organik lainnya. Mereka juga melakukan perbaikan kecil pada fasilitas lapangan, seperti gawang dan pagar. Semua tindakan ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan kepedulian terhadap lingkungan.


Selain membersihkan lapangan, kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk mempererat hubungan antara Babinsa, Karang Taruna, dan masyarakat. Interaksi positif antara mereka membangun kepercayaan dan kerjasama yang kuat, yang sangat diperlukan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.


Hasil dari kerja bhakti ini adalah lapangan sepak bola yang bersih, layak, dan aman untuk digunakan oleh masyarakat setempat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi contoh yang baik tentang bagaimana gotong royong dan kerjasama dapat menghasilkan perubahan positif dalam komunitas.


Babinsa dan Karang Taruna telah membuktikan bahwa kegiatan kerja bhakti bukan hanya sekadar membersihkan lingkungan fisik, tetapi juga membangun ikatan sosial yang kuat dan semangat kebersamaan dalam masyarakat. Dengan semangat seperti ini, desa ini menjadi lebih baik dan lebih bersatu dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

TerPopuler