Tim Kesehatan Keladi Sagu Polri Obati Penderita Hipertensi di Kampung Kago, Papua Tengah

Tim Kesehatan Keladi Sagu Polri Obati Penderita Hipertensi di Kampung Kago, Papua Tengah

05/09/23, September 05, 2023

 


Jayapura - Pelayanan kesehatan yang merupakan bagian dari Operasi Rasaka Cartenz Polda Papua 2023 terus berjalan secara konsisten di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Upaya itu terwujud melalui Program Keladi Sagu selama delapan bulan terakhir. 


Bripda Muhammad Satrio Adi, A.md.Kep dari Tim Kesehatan Polri turun langsung memberikan pelayanan kesehatan dalam program Keladi Sagu di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Senin (4/9/2023).


Program Keladi Sagu memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan mendatangi setiap rumah warga. Pada kunjungan ini, dua warga yang mendapatkan perhatian khusus adalah Gumpa Tabuni, seorang wanita berusia 30 tahun, dan Yoam Alom, seorang pria berusia 42 tahun. 


Dari hasil pemeriksaan, keduanya didiagnosis menderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bripda Satrio dengan penuh kepedulian memberikan penanganan yang sesuai untuk mengurangi keluhannya.


"Kami hadir di sini untuk membantu dan memberikan perawatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kesehatan adalah hak setiap individu," kata Bripda Satrio.


Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, selaku Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz, menjelaskan bahwa Program Keladi Sagu bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per akhir tahun 2022 menunjukkan bahwa Kabupaten Puncak masih memiliki angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tergolong rendah, dengan angka di bawah 60.


"Dengan penerapan Program Keladi Sagu ini, kami berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah ini," ungkapnya.


Ia menambahkan, misi kemanusiaan Bripda Satrio dan timnya menjadi tindakan nyata Polri dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di daerah terpencil seperti Kampung Kago, Papua Tengah.

TerPopuler