Dialog Sapa Publik,Dandim 0907/Trk Tegaskan Pancasila Adalah Pemersatu Dan Perekat Bangsa.

Dialog Sapa Publik,Dandim 0907/Trk Tegaskan Pancasila Adalah Pemersatu Dan Perekat Bangsa.

03/10/23, Oktober 03, 2023

  


Tarakan - Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Kav Jhon Budiman Christian Simarmata menegaskan Pancasila adalah alat pemersatu dan perekat bangsa, dalam melawan isu-isu yang dapat memecah bela. 


Hal itu disampaikannya dalam dialog di Program 1 RRI Tarakan, memperingati Hari Kesaktian Pancasila  1 Oktober 2023 kemarin bersama dengan narasumber dari Kesbangpol Tarakan, Melki Loboran, selaku Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Ideology Wawasan kebangsaan dan karakter bangsa, dan akademisi Hukum UBT Ardiansyah, S.H., M.H.

"Tema Hari Kesaktian Pancasila pada 2023 ini yaitu “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju", Sebagai patriot bangsa kita wajib menjaga, menjunjung tinggi dan mempertahankan Pancasila sampai kapanpun,” tegas Dandim (3/10/2023). 


Sementara itu, Melki Loboran menjelaskan, Ideologi Pancasila adalah harga mati, tidak bisa ditawar sebagai ideologi bangsa Indonesia.


“Ini sebagai wujud kita menghargai jasa pahlawan Indonesia yang telah menumpahkan darah juga bertaruh nyawa dalam perjuangannya mempertahankan ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia,” ungkapnya. 


Hal senada juga disampaikan oleh, Ardiansyah, Pancasila pada Pasal 2 UU 12/2011 bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. 


"Pancasila mempunyai fungsi dan kedudukan sebagai dasar negara, falsafah bangsa, sumber tertib hukum, konsensus final, dan ideologi negara." Tutupnya (*)

TerPopuler