Kian terampil Produksi Hantaran Nikahan, WBP Rutan Grogot di Apresiasi Ketua GOW paser Sinta Fahmi Fadli

Kian terampil Produksi Hantaran Nikahan, WBP Rutan Grogot di Apresiasi Ketua GOW paser Sinta Fahmi Fadli

14/10/23, Oktober 14, 2023

 


TANA PASER - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot menggelar pelatihan Pembuatan Hantaran Nikahan bagi puluhan Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Perempuan, Sabtu (14/10/23).


Kegiatan ini berkolaborasi dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia "Pancawati" Cabang Paser, kegiatan terpusat di Aula Rutan Tanah Grogot.



Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad membuka langsung kegiatan tersebut, ia mengatakan kegiatan Pelatihan ini merupakan kesempatan langka dan menjadi warna baru dalam pelaksanaan pembinaan bagi Warga binaan.


" bisa saya sampaikan ini merupakan kesempatan langka, saya sangat berterimakasih atas inisiatif dari teman teman IPHI Paser yang mau menurunkan ilmunya kepada teman teman disini," Jelas Bayu saat membuka acara, Sabtu (14/10/23).



Lebih lanjut, Bayu juga meminta kepada seluruh WBP untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, karena ini merupakan kesempatan langka yang tidak datang dua kali.


" saya juga minta ikuti kegiatan ini dengan baik, karena pasti ini akan berdampak positif baik kepada institusi ini, ataupun kepada pribadi teman teman semuanya," pintanya.


Sebanyak 44 orang Warga binaan perempuan dengan penuh antusias mengikuti pelatihan Hantaran Nikahan ini.


Ketua pelaksana kegiatan IPHI Indira Gandhi menyampaikan terlaksananya giat ini murni inisiatif untuk membantu para Warga binaan agar memiliki keterampilan ketika kembali bermasyarakat.


" kami hadir yang kedua kalinya , kami tidak banyak meminta ini murni kami ingin membantu saudara saudara kami disini, mudah-mudahan setelah ini ketika pulang nanti menjadi penghasilan, karena peluangnya menjanjikan," ungkap Indi.


Kedepannya Indi berharap dapat terus berkolaborasi dengan Rutan, karena pihaknya akan terus berkelanjutan memberikan pelatihan bagi para Warga binaan.


"dan apabila di ijinkan , saya ingin memberikan pelatihan tata rias pengantin bagi WBP karena banyak sekali peminatnya, mudah mudahan apa yang saya lakukan menjadi berkah untuk semua," lanjutnya.


Rasa haru dan bangga juga disampaikan Ketua GOW Kabupaten Paser yang juga merupakan Istri Bupati Paser Sinta Fahmi Fadli melalui via Telefon, Sinta  menyambut positif kegiatan tersebut, ia menuturkan program yang sudah dicanangkan bersama Rutan dapat terus berkelanjutan agar warga binaan semakin terampil dan kreatif.


"saya bangga IPHI mempunyai ide melaksanakan ini di dalam Rutan, tentunya ini juga memberikan dampak dampak positif bagi mereka karena para warga binaan karena jarang di kunjungi, secara psikologis mereka merasa  diperhatikan pastinya,  mudah mudahan tahun depan dapat terus berkelanjutan," Puji Sinta.


Perlu diketahui, Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia "Pancawati" Cabang Paser mendapatkan dukungan penuh Bupati Paser Fahmi Fadli baik sarana dan prasarana sebagai upaya peningkatan ekonomi kreatif (Ekraf) Organisasi Wanita.

TerPopuler