Kodim 0904/Paser Gelar Peringati HUT ke-78 TNI Di Halaman Pemda Paser

Kodim 0904/Paser Gelar Peringati HUT ke-78 TNI Di Halaman Pemda Paser

05/10/23, Oktober 05, 2023

  


Kodim 0904/Paser, Kecamatan Tanah Grogot. Pada puncak peringatan HUT ke 78 Tahun TNI di Paser dimeriahkan dengan Tari Reog, Tari Ronggeng dan Atraksi dari PSHT Cabang Paser, serta panggung hiburan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Paser. Kamis (5/10/2023). 


Meski ditengah teriknya matahari, masyarakat maupun tamu undangan antusias menyaksikan beragam penampilan hiburan. 


Utamanya saat warga PSHT Cabang Paser adu ketangkasan menggunakan benda tajam, hingga antraksi memecahkan balok es dengan lengan dan kepala serta memotong besi batangan menggunakan tangan kosong. 


Hal itupun disambut sorak sorai dan tepuk tangan dari para unsur Forkopimda serta masyarakat yang hadir. 


Dandim 0904/Paser Letkol Inf Ary Susetyo dalam sambutannya menyampaikan, TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. 


"Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik," Letkol Inf Ary Susetyo menegaskan saat upacara peringatan HUT ke-78 TNI. 


Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei, TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun luar negeri. 


"Terimakasih kepada seluruh prajurit TNI khususnya Kodim 0904/Paser atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini," ucap Panglima TNI melalui pidatonya. 


Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, Dandim 0904/Paser mengingatkan personelnya untuk tidak terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi kedepannya tidaklah mudah. 


Terlebih setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi, juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia. 


"Pada lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. Untuk itu, di momentum HUT ke-78 TNI harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh," imbuhnya. 


Pada momentum HUT TNI ke-78, mengusung tema TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju. 


Dari tema itu, sambung Dandim 0904/Paser mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya. 


"Dengan tujuan mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera," ulasnya. 


Pada upacara peringatan HUT ke-78 TNI, juga dihadiri oleh Bupati Paser Fahmi Fadli, Wakapolres Paser Kompol Donny Dwija Romansa, Danposal Tanah Grogot Kapten Laut (P) Agung Hariyono, jajaran pejabat lainnya beserta pihak perusahaan dan Organisasi Masyarakat (Ormas). 


Tidak luput Kodim 0904/Paser juga memberikan Penghargaan Kepada Prajuritnya dengan beberapa kategori diantarany Serma Basriansyah Aktif penggerak masyarakat dlm bidang olahraga raga, Serma Sigit Usaha peternakan, Serka Anshari Aktif Kegiatan Hanpangan, Sertu Romi Efendy Ekonomi kreatif UMKM dan Koptu Safaruloh Memiliki dedikasi baik.


Dim 0904/Psr

TerPopuler