Upacara HUT TNI Ke - 78,Ini Ucap Danrem 092/Maharajalila.

Upacara HUT TNI Ke - 78,Ini Ucap Danrem 092/Maharajalila.

05/10/23, Oktober 05, 2023

  


Tarakan - Menjejaki sejarah Bangsa Indonesia, tak akan terlepas dari sejarah terbentuknya TNI.Tentara Nasional Indonesia (TNI) di tahun 2023 ini genap berusia ke 78 tahun. 


Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,Perayaan HUT TNI yang dikemas dalam Upacara dan berbagai kegiatan Bakti Sosial berlangsung di halaman Mako Lantamal XIII,Kamis(05/10/2023).


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlantamal XIII Trk LAKSAMANA PERTAMA TNI DENI HERMAN, S.T., M.A.P., M. Tr.Opsla., CHRMP., CFrA.Upacara HUT TNI Ke - 78 diwilayah Kaltara turut dihadiri Komandan Korem 092/Mrl Brigjen TNI Ari Estefanus,S.Sos.,M.Sc didampingi Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C.Simarmata beserta Para Dansat TNI - Polri diwilayah Kalimantan Utara.


Mengusung tema "TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU", mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.


Disela - sela acara,Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Ari Estefanus,S.Sos.,M.Sc mengatakan, bahwa Makna yang terkandung dalam Tema kali ini seperti TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri dari tiga matra Darat, Laut, dan Udara. Di mana mereka akan selalu solid, kokoh, dan loyal kepada bangsa, dan negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Bahkan, mereka juga akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera",ucapnya.


Ia menambahkan,bahwa Peringatan HUT ke-78 TNI ini adalah bukti nyata dari semangat dan komitmen TNI dalam menjaga keutuhan dan kemajuan Indonesia,tuturnya.


Senada dengan Danrem,Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C.Simarmata,menambahkan,

bahwa pada peringatan ke- 78 HUT TNI tahun 2023 TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. 


"Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik ",ucapnya.


Ia berharap sinergitas selama ini yang terbangun dengan berbagai kalangan bisa terus berjalan dengan demi kemajuan daerah ini,pungkasnya.

TerPopuler