Sat Samapta Polresta Miliki Rantis Telehandler, Ini Fungsinya

Sat Samapta Polresta Miliki Rantis Telehandler, Ini Fungsinya

03/10/23, Oktober 03, 2023

  


Polresta Jayapura Kota,- Sat Samapta Polresta Jayapura Kota melakukan pelatihan keterampilan penggunaan alat Kendaraan Taktis (Rantis) Riot Control Unit (RCU) yang baru didatangkan pada bulan lalu bertempat di Taman Imbi Kota Jayapura, Selasa (03/10) Pagi.


Didatangkan dari Korps Sabhara Polri kendaraan taktis berupa telehandler yang berfungsi sebagai barikade atau tameng penghalau massa saat penanganan unjuk rasa (RCU Riot Control Unit) dan rantis multiguna.


Kasat Samapta Polresta Jayapura Kota AKP Septinus Osleky ketika dikonfirmasi di tengah kegiatan berlangsung mengatakan, Rantis Telehandler Sat Samapta Polresta Jayapura Kota memiliki peralatan tameng, di saat demo / unjuk rasa kendaraan tersebut dipergunakan sebagai penyekat atau pendorong /penghalau massa.


"Disisi lain disaat terjadi bencana dibutuhkan sebagai kendaraan yang berfungsi sebagai tugas kemanusiaan dalam penanggulangan bencana seperti pembersihan pohon tumbang, pengerukan lumpur akibat banjir, pembersihan tanah longsor atau bisa evakuasi saat banjir karena didukung dengan kendaraan ban besar," Ujar Kasat Samapta.


Lanjut AKP Osleky, Latihan ini juga dikandung maksud agar seluruh personel Sat Samapta Polresta Jayapura Kota pada saat menggunakan kendaraan tersebut tidak bingung dalam penggunaannya.


"Ini memang kendaraan multi fungsi dimana dalam satu kendaraan ini kami bisa mendapatkan beberapa fungsi seperti tameng pada saat aksi unjuk rasa, dan juga memiliki bucket yang berguna untuk penanggulangan bencana alam, serta beberapa fungsi lainnya," Jelas AKP Osleky.


AKP Osleky juga berharap dengan adanya latihan ini kiranya anggota Sat Samapta Polresta dapat memahami dan menguasai fungsi dari kendaraan taktis ini yang mana sebagai pendukung pelaksanaan tugas Kepolisian kedepan.(*)


Penulis : Edgard

TerPopuler