Dandim 0904/Paser Bersama Forkopimda Paser Dampingi PJ. Gubernur Kaltim Ke Gunung Embun

Dandim 0904/Paser Bersama Forkopimda Paser Dampingi PJ. Gubernur Kaltim Ke Gunung Embun

20/11/23, November 20, 2023

  


Kodim 0904/Paser, Kecamatan Muara Samu. Keindahan alam Gunung Embun di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser begitu memukau Pejabat Gubernur Kaltim Akmal Malik. "Menurut saya ini tempat yang sangat luar biasa indahnya. Tidak ada yang lebih indah dari ini," puji Pj Gubernur Akmal Malik saat hadir untuk menikmati keindahan suasana pagi Gunung Embun atau Gunung Boga, Senin (20/11/2023). 

 

Tempat wisata ini menurut PJ. Gubernur sangat baik menjadi alternatif mendukung potensi pariwisata daerah penyangga (Buffer Zone) Ibu Kota Nusantara (IKN). 

 

Dia sangat berharap agar destinasi wisata yang sangat indah, sejuk dan segar itu bisa menjadi unggulan Kabupaten Paser di masa depan.

 

Untuk itu, Akmal menyarankan agar pemerintah daerah membantu menyiapkan fasilitas dan Insfratruktur pelayanan dasar, seperti menyediakan kebutuhan air bersih, listrik dan lainnya. 

 

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini juga mengingatkan pentingnya tetap menjaga kebersihan lingkungan karena akan memberi kesan positif bagi para pengunjung.

 

"Mari kita kelola tempat ini dengan bijaksana. Kelola sampah dengan baik untuk kesan yang baik juga," seru Akmal.

 

Pejabat yang belum genap dua bulan memimpin Kaltim itu pun memiliki beberapa rencana untuk mengangkat potensi besar destinasi wisata Gunung Embun.

 

Pertama, dirinya akan bergotong royong bersama masyarakat Desa Luan untuk menanam 1.000 bibit pohon pinus di areal kaki Gunung Embun.

 

“Pohon pinus ini akan membuat Gunung Embun lebih sejuk, bahkan mengalahkan kawasan puncak di Jawa Barat. Berguna menahan longsor, tapi tidak menggangu pemandangan indah dari sini,” harap Akmal.

 

Selain itu, Akmal juga menyarankan agar segera digelar turnamen paralayang Piala Gubernur, motor cross dan offroad di Gunung Embun. Event-event itu akan sangat membantu promosi Gunung Embun.

 

Pesan lain Pj Gubernur Akmal Malik agar Bupati Paser Fahmi Fadli segera membentuk komunitas militan anak muda dan masyarakat untuk mengelola destinasi wisata ini agar bisa terus eksis, semakin dikenal dan mendunia.

 

Akmal juga berjanji akan terus membantu promosi wisata Gunung Embun ke seluruh Indonesia melalui berbagai fasilitas media sosial pribadi maupun Dirjen Otonomi Daerah.

 

“Saya juga akan membantu melalui berbagai platform media sosial Pemprov Kaltim dan Dirjen Otda. Ada 584 daerah yang akan langsung melihat Gunung Embun ini,” kata Akmal setengah bercanda.

 

Bupati Paser Fahmi Fadli sangat berterima kasih karena Pj Gubernur Akmal Malik telah membantu promosi wisata Gunung Embun.

 

Hadir mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Syirajuddin, Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi, Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati serta jajaran Forkopimda Paser. Rombongan pengunjung lainnya tampak antusias menikmati hamparan embun di kawasan wisata yang berjarak sekitar 32 km dari pusat Tanah Grogot itu.


Dim 0904/Psr

TerPopuler