Tim Wasev TMMD Ke-119 Tinjau Peternakan Kambing

Tim Wasev TMMD Ke-119 Tinjau Peternakan Kambing

08/03/24, Maret 08, 2024

  


Katim Wasev TMMD Ke-119 Kolonel Inf R Suranto, melakukan peninjauan langsung terhadap program unggulan KASAD dalam pengembangan peternakan kambing di Desa Klubir, Kamis (07/03/2024) kemarin sore.


Peninjauan ini bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan dan efektivitas program serta memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan untuk mengoptimalkan hasil.


Desa Klubir dipilih sebagai lokasi peninjauan karena telah menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan peternakan kambing. Program ini menjadi bagian integral dari upaya KASAD dalam mendukung ketahanan pangan nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pedesaan.


Selama peninjauan, Kolonel Inf R Suranto bersama dengan anggota tim melihat secara langsung kondisi peternakan kambing. Mereka melakukan observasi terhadap infrastruktur, kesehatan ternak, manajemen pakan, dan proses pemeliharaan yang dilakukan oleh para peternak lokal.


Hasil peninjauan menunjukkan adanya progres yang signifikan dalam pengembangan peternakan kambing. Infrastruktur telah ditingkatkan, termasuk pembangunan kandang yang lebih baik dan penyediaan akses air bersih. Selain itu, manajemen pakan dan perawatan ternak juga telah diperbaiki, yang berdampak positif pada kesehatan dan produktivitas kambing.


Kolonel Inf R Suranto juga memberikan beberapa arahan dan rekomendasi selama peninjauan. Dia menekankan pentingnya pelatihan dan pendampingan terhadap para peternak untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam manajemen peternakan yang efektif. Selain itu, dia juga menyarankan untuk meningkatkan kerjasama antara peternak lokal dengan pihak terkait lainnya, seperti penyedia pakan ternak dan lembaga penelitian pertanian, guna memperoleh dukungan dan informasi yang lebih luas.


Kesimpulannya, peninjauan program unggulan KASAD dalam pengembangan peternakan kambing di Desa Gunung Seriang menunjukkan kemajuan yang positif. Namun, masih diperlukan upaya terus-menerus dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas peternakan, serta memperluas manfaatnya bagi masyarakat setempat. Dengan dukungan dan komitmen yang berkelanjutan, diharapkan program ini dapat menjadi salah satu contoh sukses dalam upaya pemberdayaan ekonomi pedesaan dan ketahanan pangan di Indonesia.

TerPopuler