Polresta Jayapura Kota dan Jajaran Intens Lakukan Penanaman Pohon

Polresta Jayapura Kota dan Jajaran Intens Lakukan Penanaman Pohon

30/09/23, September 30, 2023

  


Polresta Jayapura Kota,- Peduli lingkungan sekitar terhadap penghijauan, Polresta Jayapura Kota dan jajarannya intens melakukan penanaman pohon setiap bulan di lokasi berbeda-beda.


Hal tersebut diungkapkan Kasi Humas Polresta Jayapura Kota Iptu M. Anwar saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (30/9) siang.


Iptu Anwar mengatakan, program penanaman pohon guna penanggulangan pemanasan global yang kini sedang di alami, membuat Pemerintah mencanangkan program penanaman pohon dan Polri turut serta mendukung penuh kegiatan tersebut.


"Sebelumnya untuk pelaksanaan di wilayah Kota Jayapura beberapa waktu lalu bertempat di sekitar Pos Polisi Koya Kosso, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si memimpimpin langsung kegiatan tersebut dengan didampingi Forkopimda dan para Tokoh Masyarakat dan Mitra Polri," ungkap Iptu Anwar.


Lanjut dikatakannya, program tersebut terus dilakukan oleh jajaran Polresta Jayapura Kota baik untuk masing-masing Kasubsatker maupun Polsek jajaran.


"Untuk hari ini, giliran Polsek Abepura dan Polsek KPL Jayapura melaksanakan giat penanaman pohon dimaksud, dimana untuk Polsek Abepura dengan dipimpin Kapolsek melakukan penanaman 200 bibit pohon bertempat di Bukit Merah Kampung Nafri, sedangkan Kapolsek KPL Jayapura bersama personelnya lakukan giat yang sama berlokasi di area perbukitan depan Pelabuhan dan di sekitar Taman Mesran dengan jumlah 100 bibit pohon," ucap Iptu Anwar menerangkan.


Untuk sumber bibit pohon sendiri didapat dari kerjasama dengan pihak Dinas Kehutanan. "Jenis pohonnya antara lain berupa Pohon Petai, Pohon Rambutan, Pohon Durian, dan Pohon Sirsak," jelas Iptu Anwar.


Ia pun menuturkan, penanaman pohon sangatlah penting untuk dilakukan seluruh masyarakat untuk kepedulian kita semua terhadap lingkungan sekitar kita.


"Nantinya pohon-pohon tersebut akan bermanfaat bagi kita semua dalam hal ketersediaan air, menjaga ekosistem hutan guna memberikan oksigen untuk kita," tandasnya.


Selain itu, pohon juga dapat berfungsi untuk menyerap karbondioksida dan menjadi tempat serapan air bila hujan sehingga kita dapat meminimalisir terjadinya banjir serta hidup sehat dengan udara tanpa polusi.(*)


Penulis : Subhan

TerPopuler